Saturday, April 19, 2014

♥ from Books to Movie ♥



Yes you, sesuai judul, kali ini aku akan membahas tentang film yang diadaptasi dari sebuah buku atau buku yang dijadikan sebuah film :)

Akhir-akhir ini banyak banget perfilman Indonesia bahkan dunia yang membuat film yang didaptasi dari sebuah buku.
Kenapa bisa gitu? Apa karena mereka yang bergelut di dunia perfilman udah kehabisan ide? Enggak bisa move-on dari film yang sebelumnya kayak kita enggak bisa move-on sama mantan?
Bukan, bukan itu mah alesaannya :3 Terus apaan?
Menurutku sih, karena film yang diadaptasi dari buku itu udah punya “calon penonton” yang bisa dibilang lebih besar ketimbang cerita baru yang difilmkan. Apalagi jika buku yang diadaptasi tersebut termasuk buku best seller. 
Bagi yang udah baca bukunya, pasti kita sebagai salah satu orang yang udah baca buku tersebut jadi seneng dong. Kita jadi menebak-nebak kira-kira siapa yang akan memerankan si A, B atau C. Cocok enggak perannya. Cocok enggak sama bayangan kita selama kita baca buku itu. Dan bagi yang belum baca pun, jadi penasaran sebagus apa sih bukunya sampai dijadiin film, dan akhirnya nonton deh.

Tapi sayangnya, enggak semua film yang diadaptasi dari buku hasilnya bagus. Bagus atau pun jelek itu sebenernya relatif. Tapi mereka yang bergelut di dunia perfilman seharusnya emang lebih selektif untuk mengambil bagian mana yang akan diambil atau tidak. Karena apa? Karena kita udah tau jalan cerita film itu dari A sampai Z. Jadi enggak asyik dong kalo bagian favorit kebanyakan orang yang udah baca buku itu di filmnya malah enggak ada :3 Para pemain pun juga mempengaruhi, alasannya? Tau kenapa kan ya? :D

Nah, ini film adaptasi yang bagus atau pun yang jelek menurutku :)
The Good: Harry Potter, The Lord of The Rings, The Hunger Games, Perahu Kertas, dll.
The Bad: Twilight Saga, Percy Jackson, Kata Hati, Refrain, dll.
Tapi itu semua kembali lagi sama kita :)
Karena apa? Karena kita sendiri yang merasakannya :)
Sampai jumpa ^^

No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat \o/~~
jangan lupa komentarnya ya ;)

Yang komentar menggunakan 'Anonim' tidak aku tanggapi, maaf ya ^^
Kamu tetap bisa komen pakai pilihan 'Nama/URL' dengan URL kamu kosongi :)