Friday, July 4, 2014

11 Gagas Media's Books You Must Read Before You Die

pic from here. edited by me.

Halo! ;D
Ada yang spesial hari ini. Kenapa? Karena hari ini ada yang ulang tahun lho ;P
Yap!

SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE-11 GAGASMEDIA
\^o^/~~

Enggak berasa ya, penerbit tercintaku ini udah tambah dewasa. Perasaan baru kemarin ngerayain ulang tahun yang ke-10, eh sekarang udah yang ke-11 aja ;D
Semoga di umurnya yang ke-11, GagasMedia semakin-semakin-dan-semakin berkembang dari sebelumnya ^^
Terus menerbitkan buku-buku berkualitas dan terus membentuk dan melahirkan penulis-penulis yang berbakat :)
Dengan adanya GagasMedia juga, semoga minat membaca di Indonesia bisa terus bertambah :)
Pokoknya aku doain yang baik-baik deh buat GagasMedia ;)

Nah, kalo tahun kemarin aku nulis 10 harapan aku untuk GagasMedia, kali ini aku mau merekomendasikan kamu 11 buku GagasMedia yang wajib banget kamu baca ;)
Apa aja? Check it out!

1. Notasi - Morra Quatro

Sinopsis:
Rasanya, sudah lama sekali sejak aku dan dia melihat pelangi di langit utara Pogung.
Namun, kembali ke kota ini, seperti menyeruakkan semua ingatan tentangnya; tentang janji yang terucap seiring jemari kami bertautan.

Segera setelah semuanya berakhir, aku pasti akan menghubungimu lagi.

Itulah yang dikatakannya sebelum dia pergi.
Dan aku mendekap erat-erat kata-kata itu, menanti dalam harap.
Namun, yang datang padaku hanyalah surat-surat tanpa alamat darinya.
Kini, di tempat yang sama, aku mengurai kembali kenangan-kenangan itu...
* * *

Setting utama cerita di buku ini tahun 1998. Ya, tahun dimana terjadinya demo mahasiswa besar-besaran meminta Soeharto yang saat itu menjabat sebagai presiden untuk mundur dari jabatannya, meminta pemerintahan Indonesia yang lebih baik. Tapi, bukan itu inti ceritanya. Buku ini bercerita tentang cinta―cinta ditengah keributan demo, tentang menunggu dan menanti seseorang yang tak kunjung datang menemuimu. Buku yang akan berhasil membuatmu merasakan apa yang dirasakan para tokohnya.


2. Forgiven - Morra Quatro

Sinopsis:
DIALAH YANG PERTAMA.

Maniak Fisika. Pengagum Albert Einstein. Setia kawan. Si iseng dan suka usil, kalau sisi kekanak-kanakannya sedang kumat. Karla bisa menyebutkan sederet lagi hal unik tentang Will. Betapa tidak, selama bertahun-tahun, laki-laki itu adalah sahabat terbaiknya. Dan bagi Will, dia adalah tempat berbagi rahasia dan mimpi-mimpi yang tak sembarang orang tahu. Namun, siapa sangka, ternyata itu tak cukup untuk membuatnya merasa mengenal laki-laki itu.

DIALAH SATU-SATUNYA.

Tak ada yang bisa menggantikan Will. Ke mana pun dia pergi, dengan siapa pun dia akrab, Will tetap yang paling spesial. Seperti bintang Polaris yang selalu berada di utara Bumi, demikianlah keberadaan Will di hati Karla. Selamanya.

DIA, YANG TAK TERLUPAKAN.

Kepergian Will tak ubahnya bagaikan El Nino—memporakporandakan hati Karla habis-habisan. Jarak membuat rindu Karla merajalela. Dia kehilangan bagian terbaik dalam hidupnya. Tapi perasaan kehilangan itu tak seberapa dibanding rasa kaget saat mendengar berita buruk tentang Will. Karla mendengarkan suara hatinya sekali ini—dia tak akan membiarkan Will menghadapi semua itu seorang diri...

FORGIVEN, sebuah kisah tentang lelaki pemuja Champagne Supernova dan perempuan yang selalu menanti bintang itu.
* * *

Mimpi, impian, fisika, persahabatan, cinta, menunggu, dan sesal. Semua diramu dengan apik oleh penulisnya. Yep, enggak beda dengan bukunya yang lain―Notasi, buku ini juga dengan mudahnya membuat kita hanyut ke dalam cerita dan merasakan apa yang dirasakan tokohnya.
Cocok banget untuk kamu yang suka sama cerita bitter-sweet ;)
*ps: jangan salahin aku kalo habis baca buku ini kamu jadi suka sama Wiliam Hakim :p


3. Interlude - Windry Ramadhina

Sinopsis:
Hanna,
listen.
Don’t cry, don’t cry.
The world is envy.
You’re too perfect
and she hates it.

Aku tahu kau menyembunyikan luka di senyummu yang retak.
Kemarilah, aku akan menjagamu, asalkan kau mau mengulurkan tanganmu.

“Waktu tidak berputar ulang. Apa yang sudah hilang, tidak akan kembali. Dan, aku sudah hilang.” Aku ingat kata-katamu itu, masih terpatri di benakku.

Aku tidak selamanya berengsek. Bisakah kau memercayaiku, sekali lagi?

Kilat rasa tak percaya dalam matamu, membuatku tiba-tiba meragukan diriku sendiri. Tapi, sungguh, aku mencintaimu, merindukan manis bibirmu.

Apa lagi yang harus kulakukan agar kau percaya? Kenapa masih saja senyum retakmu yang kudapati?

Hanna, kau dengarkah suara itu? Hatiku baru saja patah…
* * *

Enggak perlu diraguin lagi deh kalo buku-buku dari Mbak Windry itu selalu memukau. Salah satunya ini―Interlude :)
Buku ini bercerita tentang perjuangan para tokoh yang ingin terlepas dari masalah mereka masing-masing, yang ingin terlepas dari masa lalu mereka masing-masing, yang ingin melanjutkan hidup yang lebih tenang :)
Cocok buat kamu yang suka kisah cinta yang manis―dan cowok badboy ;D


4. Unfriend You - Dyah Rinni

Sinopsis:
Aku adalah noda untuk dosa yang tak kulakukan.
Aku mencoba bertahan, berusaha mengerti;
mungkin ada bagian dari dirimu yang tak bisa kuraih.
Namun, yang tak kunjung kupahami,
mengapa ada persahabatan yang menyakiti?









* * *

Cerita di dalam buku ini berpusat pada kehidupan remaja SMA, bukan, bukan cinta, melainkan bullying. Ya, Bullying―penindasan. Tentang perjuangan tokoh utama dalam menghadapi penindasan yang diterimanya :)
Baca buku ini, kamu akan mengerti bagaimana rasanya menjadi korban penindasan dan akan berpikir berulang kali untuk melakukan bullying. Banyak banget pesan moral yang bisa kamu dapet dari buku ini :)


5. Remember When - Winna Efendi

Sinopsis:
Apa pun yang kau katakan, bagaimanapun kau menolaknya, cinta akan tetap berada di sana, menunggumu mengakui keberadaannya.

Bagi kita, senja selalu sempurna; bukankah sia-sia jika menggenapkan warnanya? Seperti kisahmu, kau dan dia, juga kisahku, aku dan lelakiku. Tak ada bagian yang perlu kita ubah. Tak ada sela yang harus kita isi. Bukankah takdir kita sudah jelas?

Lalu, saat kau berkata, "Aku mencintaimu", aku merasa senja tak lagi membawa cerita bahagia. Mungkinkah kata-katamu itu ambigu?
Atau, aku saja yang menganggapnya terlalu saru?

"Aku mencintaimu," katamu. Mengertikah kau apa artinya? Mengertikah kau kalau kita tak pernah bisa berada dalam cerita yang sama, dengan senja yang sewarna?

Takdir kita sudah jelas. Kau, aku, tahu itu.
* * *

Selalu sebel setiap ada cerita pengkhianatan di sebuah cerita?
Eit, tunggu dulu, kamu harus baca buku ini :)
Tentang cinta, persahabatan dan pengkhianatan yang diramu secara apik oleh penulis :)
Kerumitan kisah cinta segiempat yang akan membuatmu terhanyut dan membuatmu hati-hati dalam mengatakan "Aku mencintaimu" :)


6. Bangkok - Moemoe Rizal

Sinopsis:
Pembaca tersayang,

Siapkan paspormu dan biarkan cerita bergulir. BANGKOK mengantar sepasang kakak dan adik pada teka-teki yang ditebar sang ibu di kota itu. Betapa perjalanan tidak hanya mempertemukan keduanya dengan hal-hal baru, tetapi juga jejak diri di masa lalu.

Di kota ini, Moemoe Rizal (penulis Jump dan Fly to The Sky) membawa Edvan dan adiknya bertemu dengan takdirnya masing-masing. Lewat kisah yang tersemat di sela-sela candi Budha Wat Mahathat, di antara perahu-perahu kayu yang mengapung di sekujur sungai Chao Phraya, juga di tengah dentuman musik serta cahaya neonyang menyala di Nana Plaza, Bangkok mengajak pembaca memaknai persaudaraan, persahabatan, dan cinta.

เที่ยวให้สนุก, tîeow hâi sà-nùk, selamat jalan,

EDITOR
* * *

Seri STPC yang paling top markotop menurutku ;D
Bercerita tentang anak laki-laki yang diberi warisan jurnal masa muda ibunya yang sudah meninggal. Tetapi untuk mendapatkan semua jurnal tersebut dia harus terbang ke Bangkok untuk mencari satu-persatu jurnal tersebut. Di Bangkok lah semua pengalaman seru dimulai. Ada cinta, keluarga, pencarian jati diri, tawa, tangis, dan bahagia. Pembawaan cerita Moemoe Rizal juga kocak dan seru, jadi kita bakal betah melahap buku ini ;)


7. Morning Light - Windhy Puspitadewi

Sinopsis:
Aku seperti bunga matahari yang selalu mengejar sinar matahari, hanya melihat pada dia: matahariku.
Aku mengagumi kedalaman pikirannya, caranya memandang hidup-malah, aku mati-matian ingin seperti dirinya.

Aku begitu terpesona hingga tanpa sadar hanya mengejar bayang-bayang. Aku menghabiskan waktu dan tenaga untuk mendongak sampai lupa kemampuan diriku sendiri.
Aku bahkan mengabaikan suara lirih dari dasar hatiku. Aku buta dan tuli. Dan di suatu titik akhirnya tersungkur. Saat itulah aku mulai bertanya-tanya: Apakah dengan menjadi seperti dia, aku pun akan dicintai?

* * *

Buku menceritakan persahabatan empat orang remaja yang sedang mencari jati diri yaitu Devon, Sophie, Julian, dan Agnes. Mereka berempat adalah sahabat. Sophie dan Devon berteman sejak kecil, sedangkan Agnes dan Julian baru berteman ketika masuk ke SMP yang sama. Mereka berempat selalu menjadi bayang-bayang orang terdekat mereka. Tanpa mereka ketahui, sebenarnya mereka memiliki kemampuan lain yang tak kalah membanggakan :)
Buku ini cocok buat kamu yang masih dalam pencarian jati diri ataupun yang sudah menemukan jati diri :p Banyak banget pesan moral yang ada di buku ini :)


8. Kedai 1001 Mimpi - Valiant Budi

Sinopsis:
DESAS DESUS
"Kita ini konon pahlawan devisa. Tapi kalau mati, ya sudah, dianggap binatang saja."
"Saya datang buat mempertebal iman, bukan jadi mainan."
"Datang ke sini itu harus siap 'dijajah'. Baik jiwa maupun raga!"
"KAMU tidak perhatikan, banyak orang MATI karena terlalu BANYAK TAHU?!"

Valiant Budi adalah seorang penulis yang tergila-gila dengan dunia Timur Tengah. Salah satu ambisinya yaitu menulis sebuah buku travel dari belahan bumi 1001 mimpi ini.

Kesempatan datang, ia akhirnya tinggal di Saudi Arabia sambil bekerja di salah satu kedai kopi internasional.

Ternyata, terjun langsung sebagai TKI membuatnya menemukan berbagai peristiwa ganjil yang tak pernah ia ingin ketahui, apalagi ikut merasakannya.

Ambisinya terkubur, berubah menjadi keinginan kuat untuk kembali tinggal di tanah air tercinta.

Buku ini berdasarkan pengalaman Valiant Budi dan beberapa rekan TKI yang bertahan hidup di Saudi Arabia dan selalu rindu Indonesia.
* * *

Yep, sesuai sinopsisnya, buku ini adalah kisah nyata penulisnya yang mencoba menjadi TKI di Arab Saudi. Sayangnya apa yang dibayangkan penulis enggak sesuai dengan kenyataan yang dialaminya disana. Yah, sesuai kata pepatah―Life is Never Flat. Kehidupan penulisan di Arab Saudi enggak semulus jalan tol, penulis harus melalui tanjakan-tanjakan besar, becek, enggak ada ojek di Arab Saudi sana. Nah, yang bikin buku ini beda dari yang lainnya, buku ini menceritakan 'sesuatu' yang ternyata biasa terjadi di Arab Saudi sana. Gara-gara menulis buku ini, penulis sama diteror lho. Penasaran apa yang diceritain? Makanya baca buku ini :p
*ps: yang ngira buku ini bacaan berat yang kaku, kalian salah besar. Buku ini malah berhasil bikin aku ketawa ngikik-ngikik ;D


9. Draf 1: Taktik Menulis Fiksi Pertamamu - Winna Efendi

Sinopsis:
Menulis itu susah? Banget.
Terutama kalau kita nggak punya komitmen kuat dan disiplin untuk itu.

Truth to be told, menulis itu gampang-gampang susah. Terkadang terasa mudah dan menyenangkan, apalagi jika ide mengalir selancar air. Namun, menulis juga dapat terasa sulit karena tanpa teknik yang benar dan loyalitas untuk kembali ke halaman-halaman yang belum rampung, tulisan kita akan terus tidak selesai atau menjadi sebaik yang kita inginkan.

Selama ini, banyak sekali teman yang bertanya kepada saya:

- Gimana sih, caranya menulis fiksi yang enak dibaca?
- Bagaimana caranya menciptakan konflik yang nggak klise?
- Gimana caranya menulis cerita dari awal sampai akhir?
- Ceritaku mandek dan nggak kelar-kelar, gimana ya supaya aku bisa menyelesaikannya?
- Bagaimana cara mengirimkan naskah ke penerbit, dan apa yang bisa kita lakukan supaya naskah tersebut 'dilirik'?
- Lalu, prosedur penerbitannya bagaimana?

Bagi kalian yang ingin tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas, well, this book might be the one for you.

Dan, mari bersama-sama menikmati proses menyenangkan menulis naskah fiksi pertamamu.
* * *

Masih bingung mau bikin cerita fiksi? Nah, coba buku ini.
Buku ini cocok buat kamu yang pengin jadi penulis. Buku ini berisi tip dan strategi dalam menulis fiksi pertamamu, jadi kamu bakalan kebantu banget sama buku ini. Jadi PeDe buat nulis lagi deh ;D
Apalagi bahasa yang digunakan dalam buku ini santai banget, jadi kamu belajar nulisnya juga jadi santai :)
Di dalamnya juga banyak ilustrasi-ilustrasi kece yang mempercantik setiap halamannya :)


10. Jika Aku Mereka - 12 Pemenang Sayembara Menulis Kisah Disabilitas

Sinopsis:
Apa jadinya bila suatu saat duniamu gelap, alunan nada-nada di sekitarmu seketika hening, atau bahkan, kau tak lagi bisa mengungkapkan isi hatimu melalui pita suara? Yakinkah kau mampu menjalaninya tanpa rutukan dan tangis setiap detiknya?

Maka, akan kuceritakan tentang mereka, yang tak gentar meski ketidaksempurnaan merengkuhnya, yang tak pernah lelah memikul impian, dan yang selalu percaya pada harapan.

Mereka yang kuceritakan adalah orang-orang "istimewa": seperti pelangi yang menebar rona, melukiskan inspirasi pada dunia. Karena setiap orang dilahirkan dengan berjuta keunikan, yang menjadikannya begitu berharga.

* * *

Ngerasa hidup kamu enggak sempurna? Coba baca buku ini, buku inspiratif dari GagasMedia :)
Menceritakan 12 kisah inspiratif para difabel dalam menjalani hidup, dalam menggapai mimpi dan harapan mereka dengan keadan mereka yang 'spesial' :)
Setelah baca buku ini, mata kamu akan terbuka. Bahwa kamu masih lebih sempurna dibandingkan mereka :)


11. The Not-So-Amazing Life of @aMrazing - Alexander Thian

Sinopsis:
Bapak itu merogoh kantong celananya, lalu mengeluarkan bergepok gepok uang.
"Nih! Sekian belas juta!"
Bahkan setelah menghitung sekian belas juta, sisa uang di tangan Bapak itu masih banyak. Fakta bahwa bajunya lusuh, serta handphone lamanya buluk segera terlupakan. Rupanya Bapak ini orang tajir yang tak tahu cara berdandan serta belum melek teknologi. Gue lagi-lagi salah menilai. Terkadang manusia memang hanya memandang penampilan luar. Menghakimi bahwa sebuah buku pasti jelek isinya hanya karena cover yang buruk.
Berlama-lama si Bapak mengagumi handphone terbarunya. Setelah puas, ia kembali bertanya hal yang paling penting.
"Dek, gimana cara main Fesbuk? Terus, internet itu apa, sih?"

The Not-So-Amazing Life of @aMrazing merupakan kumpulan kisah pengalaman Alexander Thian saat menjadi penjaga konter handphone di sebuah mal. Tidak sekadar menjual handphone, Alex memotret manusia melalui berbagai tingkah laku para pelanggan yang datang. Ada mereka yang butuh tampil mengesankan dengan handphone tercanggih, mereka yang ingin membahagiakan orang terkasih, juga mereka yang tertipu (dan menipu). Adakah wajah kita di sana?
* * *

Pengin baca buku yang paket komplit? Baca buku ini ;)
Buku ini bisa bikin kamu ketawa, nangis, sebel sampai geregetan.
Buku ini merupakan buku non fiksi yang merupakan kisah nyata penulisnya―Alexander Thian―yang saat itu masih sebagai penjaga counter handphone. Banyak banget pesan-pesan moral yang bisa kita ambil dari kisah di dalam buku ini :)


Nah, itulah kesebelasan buku yang aku rekomendasiin ke kamu yang menurut aku wajib banget buat dibaca ;D
Semoga bisa membantu kamu dalam mencari bacaan terutama dari penerbit GagasMedia ^^
Terima kasih buat kamu yang sudah menyempatkan membaca postingan ini, dan terima kasih untuk GagasMedia yang sudah memberi kisah-kisah dan ilmu-ilmu yang menarik dan bermanfaat ^^


2 comments:

  1. mbakk,, minta kirimin novel jingga dalam elegi, pliss :( ni emailnya: olif_i4@yahoo.co.id
    ngenggantung banget bacanya, makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  2. kak bisa minta link novel yang diatas gak?
    ini email ku nitaftsw@gmail.com
    makasih kak..

    ReplyDelete

Semoga bermanfaat \o/~~
jangan lupa komentarnya ya ;)

Yang komentar menggunakan 'Anonim' tidak aku tanggapi, maaf ya ^^
Kamu tetap bisa komen pakai pilihan 'Nama/URL' dengan URL kamu kosongi :)