Tuesday, March 29, 2011

Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Keperluan Sehari-hari

Bumi kita sudah penuh dengan berbagai tumpukan barang. pernahkah kita membayangkan betapa banyaknya barang yang dilansir di pasaran, sementara kebutuhan kita sendiri sudah terpenuhi?
semakin berat beban bumi ini untuk memenuhi keinginan manusia yang terus bertambah, tiada henti. belum lagi banyak efek dari benda-benda yang diciptakan itu bisa merusak atmosfer bumi. contoh paling gampang adalah plastik. betapa plastik yang tidak bisa diurai lagi sudah membuat atmosfer bumi tercemari. ah..kalau mau dipilah satu-satu banyak deh. saya baru saja membaca sebuah buku kecil yang bermanfaat sehubungan topik di atas. di sini saya sarikan, semoga bisa memberi guna...

1. ALKOHOL
Fungsi utama alkohol adalah untuk mensterilkan. selain, sebagai pembersih luka, alkohol juga bisa dimanfaatkan untuk pembersih krom, kristal dan porselen.
2. ALUMINIUM FOIL
Fungsinya sebagai reflektor panas bisa digunakan juga sebagai pelapis tembok yang di depannya ada radiator, sehingga mampu "menangkap" panas yang keluar. selain itu aluminium foil bisa juga dimanfaatkan sebagai umpan pancing.
3. BANTAL DAN SARUNG
Dua benda ini bisa jadi teman mencuci yang baik. jika anda punya pakaian yang mudah rusak dan ingin tetap menggunakan mesin cuci, masukkan pakaian tersebut ke dalam sarung bantal, lalu ikat dengan benang agar tidak keluar. dengan begitu, pakaian tidak akan bercampur dengan yang lain dan tidak mudah rusak.
4.BENANG
seutas benang bisa dimanfaatkan untuk kran yang bocor. terutama untuk meredam bunyi tetesan airnya. ikatkan seutas benang pada mulut kran, lalu biarkan ujung satunya menjulur ke baskom. tetesan air akan merambat melalui benang dan anda bisa tidur nyaman tanpa terganggu bunyi tetesan air.
5. BONEKA
 boneka yang tidak terpakai bisa dimanfaatkan sebagai tempat menyimpan barang berharga. keluarkan isi boneka, dan simpanlah benda berharga di dalamnya. selain itu boneka bisa dijadikan sandaran buku. untuk ini, anda butuh pemberat pada boneka itu agar tidak bergeser, atau mengelem bagian bawah boneka agar tidak bergeser.
6. CELENGAN
celengan bisa digunakan pula sebagai pemberat kertas agar tidak terbang kemana-mana. atau bisa dijadikan pula sebagai tempat benang. tempatkan gulungan benang di dalam celengan, lalu julurkan ujungnya di celah tempat uang biasa dimasukkan.
7. GELAS
gelas yang retak jangan buru-buru dibuang. masih bisa dimanfaatkan untuk wadah alat tulis atau alat-alat lainnya. sikat gigi adalah salah satu contohnya.
8. CELANA JEANS
mungkin banyak yang punya celana jeans sudah tidak muat lagi, ketimbang jadi onggokan di lemari, bisa diubah bentuknya menjadi tas.
9. KALENDER BEKAS
bisa dimanfaatkan sebagai alas laci meja. bisa juga ditempelkan di papan lalu dipotong-potong menjadi puzzle. gambar favorit di kalender bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai kolase atau ilustrasi kartu ucapan ulang tahun sahabat.
10. KALENG BEKAS
bisa dijadikan lampion. caranya, buang label kaleng, lalu lubangi sesuai pola yang diinginkan. setelah itu tempatkan lilin di tengah kaleng. nah, bisa dimanfaatkan untuk acara-acara di luar ruangan, misalnya pesta kebun.
11. KAPAS
bisa digunakan untuk pengharum ruangan. oleskan wewangian favorit pada sekepal kapas, masukkan ke dalam plastik yang tertutup rapat dan simpan di tempat yang dingin (kulkas). anda bisa menggunakan sesuai waktu yang anda inginkan.
12. KOPI
bisa juga digunakan sebagai campuran pupuk kebun. selain itu kopi juga bisa mengecat pakaian. caranya, rendamlah pakaian yang ingin terlihat gelap dengan larutan bubuk kopi. tapi kopi yang dimaksud di sini adalah kopi murni bukan kopi three in one (instant).
13. LILIN
mengapa tidak kembali ke jaman abad pertengahan? gunakan lelehan lilin (lilin berwarna) untuk menyegel surat. ini akan menimbulkan kesan antik.
14. PAKU
sebatang paku bisa bermanfaat untuk pemanggang kentang. tusukkan paku yang cukup besar ke tengah-tengah kentang yang akan dipanggang. panas dari pangganan akan lebih cepat mencapai pusat kentang dengan adanya paku itu. eits..jangan lupa mencabut pakunya dulu sebelum dihidangkan.
15. SABUK KULIT
ternyata bukan hanya monopoli pinggang. bisa juga digunakan sebagai pengikat koper jika terlalu penuh atau membawa setumpukan buku-buku jika merasa bosan menggunakan tas.

No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat \o/~~
jangan lupa komentarnya ya ;)

Yang komentar menggunakan 'Anonim' tidak aku tanggapi, maaf ya ^^
Kamu tetap bisa komen pakai pilihan 'Nama/URL' dengan URL kamu kosongi :)