Monday, September 2, 2013

Kena TIPU :(


Aaah, sebel deh :(
Baru pertama kali ini dan semoga cuma sekali ini kena tipu gara2 beli Online :(
Hiks :'(
Hati2 aja ya buat temen semuanya kalo beli Online :'(
Niat beli novel buat bikin seneng, eh malah bikin senep :(
Nih, aku kasih tau kronologi ceritanya :(
Kalo gak salah sih waktu itu tanggal 16/08,
Awalnya sih aku cuma mau lihat2 Facebook, soalnya udah lama juga sih gak buka Facebook.
Dan karena aku gabung di sebuah grup tentang novel-novel (FYI aku hobi baca buku, jadi kalo mau ngado aku mending novel aja ya? :P) aku coba buka deh grup itu, nah mulai dari situlah semua berawal.
Aku lihat ada yang ngepos kalo dia jual novel yang lagi booming dengan harga miring dan free ongkir (dengan minimal pembelian 100k). Free ongkir men, siapa coba yang gak kebujuk *mental pelajar* u,u
And finally aku sama temenku (biar murah gituh) beli ke dia dengan total 120k, emang mungkin ada beberapa dari kalian nganggep uang segitu gak ada artinya, tapi bagiku? Euh, berarti banget lah *mental pelajar (lagi)*
Besoknya tanggal 17/08 aku sama temenku sepulang dari sekolah―karena upacara, langsung cus ke bank BCA buat transfer tunai―berhubung masih di bawah umur, jadi gak punya ATM. Sampai sana bank itu tutup, dan oonnya aku sama temenku sama sekali gak inget kalo hari itu hari libur nasional+weekend, so jelas dong bank itu tutup --
Yah, mungkin ini udah pertanda dari Tuhan biar aku gak jadi beli, tapi aku yang gak ngeh juga :(
Besoknya lagi―Senin 19/08 tepatnya, aku berencana mau nransfer tu uang lagi, tapi akunya males harus ke bank yang BTW, jauh men -- 
Akhirnya aku minta tolong sama temenku yang punya ATM buat nransferin, tapi NIHIL. Bank dia baru trouble, jadi gag bisa nransfer. Minta tolong lagi sama temen lain tapi hasilnya juga nihil :(
Yeah, mungkin ini pertanda lagi ya dari Tuhan :( Tapi akunya aja yang terlalu dibutain sama novel murah *hiks*
Karena gak ada cara lain kecuali ke bank itu, aku minta perpanjangan waktu buat nransfer keesokan harinya sama si mbak penipu itu. Dan dia sih okeoke aja (jelas dong, yang penting kan bagi dia, aku nransfer uang) --
Besoknya, aku minta tolong temen cowok kelasku buat nransferin uang itu, dan untungnya dia mau, jadilah uang itu dia transfer, dan berhasil masuk ke rekeningnya.
Setelah itu, sebagai pembeli yang baik hati, patuh, tidak sombong dan berpostive thinking, aku smsin aja tuh si mbak penipu kalo aku udah tranfer ke rekeningnyanya dan berhasil.
Herannya kok dia gag bales smsku ya? Padahal biasanya Online shop lainnya kalo dikabari udah transfer bakal langsung bales smsku. dan herannya lagi kok dia gag nanya2in alamatku juga :(
Karena aku masih perpositive thinking aku kasihin aja alamatku ke dia. 
Dia gag ada respon sama sekali di sms gag dibales, ditelpon di matiin, hufth :(
Kalopun ada  respon, katanya dia baru ke luar negeri lah, baru sakit lah, baru ini, itu, blablabla :(
Mulai dari itu aku jadi curiga, jadilah aku smsin dia―neror lebih tepatnya―kalo dia itu ponipu, bakal aku laporin ke pihak berwajib, aku sebarin dimana-mana, dan blablabla 
Finally, dia mbales smsku dan bilang kalo dia gag niat nipu dan novelnya udah dia kirim.
Tapi waktu aku minta no resinya dia gak ngerespon lagi―padahal udah aku teror (lagi) :(
Sampai sekarang―hampir 2 minggu, itu novel gag dateng2 juga :"( *hiks*

Ini dia biodata singkat si mbak penipu itu :


Nama: LINDA SUSANTI
No. HP: 08994877252
Alamat: Jambi (Katanya sih)
Rekening: BCA 8210291882 an. LINDA SUSANTI

Ini bukan maksud ngejelek-jelekin sih, tapi ini berdasarkan kenyataan, dan ternyata udah banyak buanget yang jadi korban dia --
So, buat temen-temen hati2 aja ya sama dia :)


Dan ini ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat buat temen-temen kalo beli Online :)
1. Jangan tergoda sama barang dengan embel-embel harga murah (pengalaman pribadi :( )
2. Minta si penjual ngefotoin barang yang dia jual (biar kelihatan bener ada barangnya apa enggak)
3. Lihat testimoni/bukti dari pembeli lain.
4. Tanyain ke temen kalian, atau tanya di facebook, twitter, grup, atau dimanapun tentang si penjual itu. Ada yang kenal, tahu, atau malah udah pernah beli ke dia apa belum. Kalo udah, barangnya sampai dengan selamat atau enggak.
5.Coba cari di search engine tentang penjual itu, siapa tahu aja ada dan bisa membantu.
6. Kalo kalian ngirim pesan/tanya2 dan gak dibales lama, itu patut dicurigai.
7. Dan terakhir kalo feeling/firasat kalian gak yakin buat beli atau ada sesuatu yang ngganjel, mending dibatalin aja. Lebih baik di black list daripada kehilangan uang.

TERIMA KASIH SEMUANYA :)) *masih dalam keadaan berduka :"( hiks*

2 comments:

  1. ya ampun. kasihan..
    sabar ya, sist.)
    uang 120k bagi aku juga bnyk bgt. kalau misalnya yg kena tipu itu aku, mungkin aku nggk beli novel online lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih :(
      Masih geregetan sampai sekarang :(
      Kalo aku sih kapok enggak kapok sih, soalnya beli buku online itu lebih murah daripada aslinya, jadi bikin ketagihan ;D
      Yang penting, sekarang harus lebih hati2 aja akunya :)
      Btw, makasih ya udah mau baca curhatanku ini ;D

      Delete

Semoga bermanfaat \o/~~
jangan lupa komentarnya ya ;)

Yang komentar menggunakan 'Anonim' tidak aku tanggapi, maaf ya ^^
Kamu tetap bisa komen pakai pilihan 'Nama/URL' dengan URL kamu kosongi :)