Tuesday, February 22, 2011

Sansiviera Si Tajam Pengusir Polutan



Kamu sedang pilah-pilih tanaman hias untuk mempercantik hunian? Jika begitu, tak ada salahnya Kamu melirik Sansiviera. Tanaman ini punya sejumlah kelebihan yang membuatnya layak tampil di rumah Kamu.


Di negeri kita, Sansiviera punya sebutan yang lumayan unik: lidah mertua. Masyarakat Malaysia pun punya sebutan yang tak kalah 'aneh' untuk tanaman ini: lidah jin. Sementara sebagian kalangan lebih suka menyebutnya tanaman ular. Memang, motif hijau lurik pada tanaman ini membuatnya tampak seperti kulit ular. Terserah Kamu, mau pilih sebutan yang mana. Atau Kamu bingung karena semuanya menyeramkan?


Sansiviera sendiri sejatinya berparas cantik, meski memiliki aura yang kaku dan keras. Karena itu, jika Kamu hendak menanamnya di taman, sebaiknya disandingkan dengan tumbuhan beraura lembut.


Tanaman yang masih sekeluarga dengan kaktus ini telah sejak lama dibudidayakan orang. Selain parasnya yang cantik, tumbuhan ini juga mampu mengusir polutan. Jadi, jika Kamu menginginkan kualitas udara di dalam dan sekitar rumah senantiasa terjaga, Sansiviera merupakan pilihan tepat. Kamu bisa meletakkannya di sudut dapur atau kamar mandi untuk meredam aroma tak sedap dan hawa tak segar. Atau jika suatu kali Kamu mengecat ruangan dan agak terganggu dengan aroma cat yang menyengat, letakkan saja Sansiviera di ruangan itu. Hanya dalam semalam, aroma cat akan hilang. Biasanya, setelah bekerja keras menyerap polutan, daun Sansiviera akan tampak berdebu atau kotor. Agar kembali cantik, Kamu tinggal membersihkan permukaan daunnya dengan lap basah.


Selain mampu meredam polutan, Sansiviera konon bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

No comments:

Post a Comment

Semoga bermanfaat \o/~~
jangan lupa komentarnya ya ;)

Yang komentar menggunakan 'Anonim' tidak aku tanggapi, maaf ya ^^
Kamu tetap bisa komen pakai pilihan 'Nama/URL' dengan URL kamu kosongi :)